Tips Bikin Rumah Tetap Nyaman di Musim Kemarau

In Info, Keluarga 19 views
Tips Bikin Rumah Tetap Nyaman di Musim Kemarau

Setelah seharian menjalankan aktivitas di luar rumah dan merasakan panas, sebaiknya pemilik rumah menciptakan rumah menjadi lebih dingin.

SAAT musim kemarau, udara di dalam maupun di luar rumah terasa sangat panas dan menyengat. Padahal yang diharapkan saat kita berada di dalam rumah pada musim kemarau, yakni dapat merasa lebih nyaman.

Setelah seharian menjalankan aktivitas di luar rumah dan merasakan panas, sebaiknya pemilik rumah bisa menciptakan kondisi rumah menjadi lebih dingin, sejuk, dan segar.

Mudah bagi Anda untuk membuat sebuah rumah menjadi terasa nyaman, bahkan tetap nyaman saat musim kemarau datang dan pergi. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat terasa lebih nyaman.

Langkah pertama adalah menghalau udara panas untuk tidak masuk ke dalam rumah dengan mengambil langkah meminimalisasi udara panas yang akan masuk. Udara panas dari luar rumah berasal dari sinar matahari dan embusan udara yang memiliki suhu tinggi karena pengaruh sinar matahari.

“Walaupun pada pagi hari sinar matahari sangat dianjurkan untuk masuk ke rumah, namun hanya butuh satu atau dua jam. Setelah itu, kita harus menutup pintu dan jendela rumah selama musim kemarau,” sebut arsitek Rizky Artando.

Tips Bikin Rumah Tetap Nyaman di Musim Kemarau

Perhatikan juga bagian langit-langit ventilasi dan loteng jika rumah Anda memungkinkan untuk diberikan busa sebagai penghalau udara panas. “Penggunaan busa di celah-celah ruangan akan menghalau udara panas masuk ke rumah,” imbuh Rizky.

Salah satu hal yang paling efektif untuk menghalau panas adalah dengan menyalakan air conditioner (AC) agar udara di dalam rumah menjadi terasa lebih dingin. Fungsi AC hanyalah untuk memindahkan udara panas yang masuk ke dalam ruangan agar suhu di dalamnya menjadi dingin dan nyaman.

Langkah kedua adalah mengondisikan agar udara di dalam rumah lebih dingin. Karena itu, rumah Anda dapat menjadi nyaman selama musim kemarau. Anda harus memperhatikan setiap celah yang ada di setiap ruangan.

“Jika ada celah, maka segera berikan busa untuk menambal dan menghalau udara panas masuk ke rumah. Tirai atau gorden jendela juga memiliki fungsi untuk membuat rumah menjadi lebih dingin. Sinar matahari yang terpancar di luar rumah dapat dihalau dengan keberadaan tirai atau gorden,” saran Rizky.

Pilihlah tirai atau gorden jendela yang memiliki bahan dan warna dapat menghalau tembusan sinar matahari dari luar rumah. Perhatikan pula di bagian jendela, terutama di bagian frame menggunakan bahan yang tidak cepat menyerap panas.

Jika Anda lebih nyaman menggunakan AC, maka pasang di ruangan yang tepat. Anda dapat memasang AC baik di dalam maupun di luar rumah. Jika di luar rumah, maka ambil arah utara untuk memasangnya.

Hal ini biasanya dilakukan bila Anda meletakkan ruang makan di teras belakang atau ruang keluarga yang menyatu dengan area kolam renang. Pastikan ketika AC menyala, jendela, pintu, tirai, atau gorden sudah tertutup rapat. Dengan begitu, rumah bisa terasa sejuk dan nyaman saat musim kemarau.

Artikel Asli

author
Author: 
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Kabar terbaru datang dari Institut Teknologi Sepuluh
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Makan bersama keluarga di sebuah restoran tentunya
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    Saat traveling ke suatu negara, jaringan internet

    Leave a reply "Tips Bikin Rumah Tetap Nyaman di Musim Kemarau"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: