Juara di Beijing, Anak Bangsa Ciptakan Aplikasi dengan AI untuk Para Petani

In Info 105 views

Juara di Beijing, Anak Bangsa Ciptakan Aplikasi dengan AI untuk Para Petani

Anak bangsa kembali menunjukan kemampuannya di dunia internasional. Kali ini giliran Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dengan alat inovasi bernama Simbah Digital Farmer sukses menjadi juara satu Asia-Pacific Youth Leadership, Innovation and Entrepreneurship SDGs Startup Awards di Beijing.

Simbah Digital Farmer adalah inovasi ciptaan Mujiyanto, mahasiswa MTI Universitas Amikom Yogyakarta. Mujiyanto sukses menumbangkan mahasiswa-mahasiswa dari seluruh negara perwakilan UNDP di Asia dan Pasifik.

event ini diselenggarakan United Nations Development Programme (UNDP) yang merupakan organisasi khusus yang dibentuk Persekutuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membantu meningkatkan pembangunan negara-negara berkembang.

Simbah Digital Farmer adalah inovasi yang membantu memecahkan masalah pertanian. Pemecahan masalah menggunakan Natural Language Processing (NLP) dan Artificial Intelligence (AI).

Caranya, petani cukup mengambil gambar penyakit tanaman, dan aplikasi tersebut akan langsung memberikan diagnosis dan langkah-langkah mengobati penyakit itu. Bahkan, petani bisa bertanya apapaun dan aplikasi Simbah akan menjawabnya.

“Sehingga, memudahkan mereka yang kebanyakan orang tua untuk bertanya seputar pertanian,” kata Mujiyanto yang merupakan CEO Second Vision Corp dikutip dari Republika.

diciptakannya Simbah memang didedikasikan kepada petani-petani di Indonesia. kemudian petani dapat mengajukan pertanyaan menggunakan Simbah dengan memanfaatkan sistem suara.

“Visi ke depan Simbah menjadi sebuah aplikasi artificial intelligence atau kecerdasan buatan pertama di Indonesia, bahkan di dunia, di mana nantinya aplikasi Simbah akan dapat menjawab secara otomatis pertanyaan-pertanyaan petani,” kata Mujiyanto.

Sumber : Republikas

 

Tags: #anak bangsa #beijing #petani

author
Author: 
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Kabar terbaru datang dari Institut Teknologi Sepuluh
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Makan bersama keluarga di sebuah restoran tentunya
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    Saat traveling ke suatu negara, jaringan internet

    Leave a reply "Juara di Beijing, Anak Bangsa Ciptakan Aplikasi dengan AI untuk Para Petani"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: