Banyak yang Melamar. Perawan Cantik ini Tak Kunjung Menikah. Ternyata karena….

Banyak yang Melamar. Perawan Cantik ini Tak Kunjung Menikah. Ternyata karena....

lustrasi Hasanah: tribunnews.com

Namanya Hasanah, seorang perawan cantik yang ahli ibadah. Dia terkenal sebagai wanita yang sangat menjaga diri. Pandai menempatkan diri, santun tutur kata dan sikap. Yang unik darinya adalah di rumahnya hampir tidak perabotan rumah seperti orang kebanyakan. Bahkan cangkir untuk minum pun tidak punya. Kalau haus dia langsung ke sungai dan meminum air dari kedua telapak tangannya.

Sikapnya yang teramat zuhud inilah yang menjadikan Hasanah bak kembang desa. Banyak lelaki yang bermaksud meminangnya, beberapa ditolak dan beberapa mengundurkan diri sebelum maju karena merasa tidak sanggup dengan sikap zuhudnya.

Suatu hari ada yang menanyakan mengapa dia tidak kunjung menikah dengan menerima salah satu lamaran. Hasanah pun memberikan jawaban yang tak terduga. “Aku belum menemukan laki-laki yang sanggup memuaskan hatiku. Kriteria kepuasanku bukan dari harta atau tahta yang dia punya. Kepuasanku adalah ketika imamku adalah orang yang sama sepertiku. Dia tidak terbebani oleh kesibukan duniawi yang melenakan. Demi Allah tidak ada dalam hatiku ini hasrat untuk menjadi budak dunia. Hal seperti itu mana mungkin aku dapatkan dari laki-laki yang mencintai dunia.”

Yang bertanya menjadi takjub dengan keteguhan prinsip dan kriteria kepuasan Hasanah. Selang beberapa detik jeda, Hasanah melanjutkan, “Namun jika engkau menemukan lelaki yang bisa membuatku menangis karena dia mengutamakan Tuhannya daripada aku, maka itulah sebenar-benarnya kenikmatan. Jika tidak ada, maka selamat tinggal lelaki dunia”, jawab Hasanah mantap.

Gadis yang punya sikap dan kriteria kepuasan seperti Hasanah bisa jadi sudah punah di dunia ini. Kalau masih ada pun termasuk langkah pria yang sanggung mempersunting dengan syarat yang dia ajukan.

Namun dari kisah nyata ini setidaknya kita bisa petik pelajaran bahwa untuk apa berdecak kagum dengan kenikmatan duniawi yang sementara ini. Semoga kita tergolong manusia yang memposisikan Tuhan di atas segalanya. Bukan sebaliknya dengan menjadi budak dunia.

Sumber Referensi: Kitab Shifat Ash Shafwah karya Ibnu Al Jauzi

Sumber Pendukung: hidayatullah.com (21 Agustus 2015)

 

author
Author: 
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Kabar terbaru datang dari Institut Teknologi Sepuluh
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Makan bersama keluarga di sebuah restoran tentunya
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    Saat traveling ke suatu negara, jaringan internet

    Leave a reply "Banyak yang Melamar. Perawan Cantik ini Tak Kunjung Menikah. Ternyata karena…."

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: