Homee, Rumah Pintar Inovatif Buatan Anak Bangsa

In Info 874 views

Homee, Rumah Pintar Inovatif Buatan Anak Bangsa

Hunian dengan konsep smarthome alias rumah pintar terus dikembangkan seiring perkembangan zaman. Rumah pintar merujuk kepada rumah yang perlengkapan didalamnya bisa diakses dan terintegerasi melalui gawai seperti ponsel pintar. Kemampuan untuk mengakses secara mobile ini dapat memantau, mengendalikan, dan mengontrol rumah secara otomatis.

Indonesia nampaknya harus berbangga dengan hadirnya sebuah konsep smarthome yang dirancang oleh beberapa mahasiswa dari Telkom University dan Institut Teknologi Bandung ini. Adalah Annisa Riyani, Masyithah Nur Aulia, Andika Arif Pradana, dan Dody Qori Utama, kelima mahasiswa ini membuat sebuah sistem yang memungkinkan rumah pintar bisa beradaptasi dengan kondisi dan kenyamanan penggunanya.

Konsep yang mereka temukan berbeda dengan konsep rumah pintar yang ada selama ini. Hoome, sebutan dari rumah pintar ini akan menyebarkan sensor kepada pengguna, bukan pada lingkungannya. Hal ini karena Hoome tidak lagi terintegrasi dengan ponsel pintar para pengguna, melainkan melalui perangkat wearable.

Dikutip dari Detik.com, perangkat wearable nantinya akan merekam segala kondisi penggunanya seperti tingkat stress, suasana hati, kesadaran, tingkat kenyamanan dan lain-lain. Annisa, salah satu anggota tim menjelaskan bahwa mereka menggunakan 3 jenis wearable device yaitu, Electro Encephalo Graphic (EEG), Electro Myo Graphic(EMG), dan smartwatch. Nantinya, ketika menerima data dari kondisi pengguna, perangkat tersebut akan mengirimkan perintah untuk mengatur peralatan di dalam rumah sesuai dengan kondisi pengguna.

Tidak hanya mengatur pencahayaan dan mematikan lampu ketika pengguna terdeteksi tertidur. Bagi pengguna yang terdeteksi stress, perangkat juga dapat mengirimkan perintah untuk memasang aroma terapi dan memutarkan musik-musik lembut lewat home entertainment yang tersedia dirumah. Temperatur ruangan juga dapat menyesuaikan sehingga membuat pengguna merasa nyaman. Dan semua ini bisa dilakukan tanpa pengguna harus menyentuh tombol apapun.

Lewat konsep ini, mengantarkan Annisa dan timnya menjuarai Imagine Cup 2016 tingkat nasional untuk kategori ‘Innovation’. Tim Hoome mempunyai target agar sistemnya bisa menjadi standar untuk smarthome pada tahun 2020 mendatang.

Sumber:Detik.com

 

author
Author: 
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Kabar terbaru datang dari Institut Teknologi Sepuluh
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Makan bersama keluarga di sebuah restoran tentunya
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    Saat traveling ke suatu negara, jaringan internet

    Leave a reply "Homee, Rumah Pintar Inovatif Buatan Anak Bangsa"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: