Modifikasi Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan

In Kesehatan 48 views
Modifikasi Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan

Kesulitan diet keto? Anda bisa coba dua modifikasi dari diet tinggi lemak ini, yaitu cyclitarian dan keto cycling.

Anda yang menjalani gaya hidup sehat dan hobi mencoba program diet terbaru untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba satu diet terbaru bernama cyclitarian. Diet ini menggabungkan ketogenic atau biasa disebut keto dan puasa berselang.

Vincent M. Pedre, dokter spesialis kesehatan usus, mengatakan bahwa dia telah mencoba metode diet ini terhadap pasiennya dan melihat hasil yang bagus. Namun, dia menambahkan bahwa diet ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang.

Untuk mengikuti pola makan cyclitarian, Anda diharuskan mengonsumsi makanan nabati berlemak tinggi serta menjalankan puasa berselang.

Manfaat mengikuti cyclitarian adalah mengoptimalkan kesehatan usus, keseimbangan hormon, peningkatan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, peningkatan energi, daya otak yang lebih baik, stamina tahan lama, dan hilangnya lemak.

Ketika mengikuti pola makan ini, tubuh akan menjadi mesin pembakar lemak. Anda akan menggunakan lemak tubuh Anda sendiri sebagai bahan bakar saat sedang berpuasa. Kemudian, menggunakan lemak yang Anda makan sebagai bahan bakar saat Anda sedang keto.

Sedangkan saat berpuasa, Anda akan merasakan manfaat seperti menurunkan berat badan dan lemak perut, menurunkan risiko diabetes tipe 2, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, baik untuk kesehatan otak, bahkan bisa membuat Anda panjang umur.

Menggabungkan keto dan puasa berselang dalam cyclitarian merupakan cara ideal untuk meningkatkan kesehatan usus, mengoptimalkan ritme sirkadian, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu menurunkan berat badan.

Untuk pilihan makanan, Anda diperbolehkan mengonsumsi makanan nabati kaya serat seperti miju, pistachio, jeruk, pisang, avokad, wortel, ubi, edamame, bulgur, apel, almon, brokoli, pir, delima, labu madu, blackberry, rasberi, dan biji chia.

Selain makanan kaya serat, Anda juga bisa mengonsumsi makanan kaya prebiotik yang bagus untuk kesehatan usus. Beberapa contoh makanan kaya prebiotik antara lain bawang putih, bawang merah, daun bawang, asparagus, apel, pisang, rumput laut, serta makanan fermentasi seperti acar, kimchi, sauerkraut, dan kefir kelapa.

Pada dasarnya, diet cyclitarian berpusat pada makanan-makanan yang sehat untuk usus, meningkatkan kekebalan tubuh, bersama dengan makanan anti-radang seperti salmon yang ditangkap secara liar, biji rami, dan biji chia.

Anda juga masih boleh mengonsumsi karbohidrat yang lebih sehat seperti ubi jalar, lobak, dan wortel. Anda juga harus makan makanan berlemak sekitar 70% atau lebih dan ini bisa didapatkan dari avokad dan kacang.

Sementara untuk puasa, bisa mulai dari interval yang lebih pendek, misalnya dalam sehari ada 12 jam makan dan 12 jam puasa. Kemudian, tingkatkan menjadi 10 jam makan 14 jam puasa, lalu 8 jam makan 16 jam puasa.

Selain cyclitarian, ada juga modifikasi keto lainnya yang disebutketo cycling, yang mengharuskan Anda akan menjalankan lima hingga enam hari untuk mengurangi karbohidrat, tetapi ada satu hari yang direncanakan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohdirat.

Jenis diet yang satu ini cocok bagi Anda yang kesulitan menjalankan keto setiap hari karena merasa kekurangan karbohidrat. Jadi, dalam satu hari seminggu, Anda tetap bisa menikmati aneka makanan rendah lemak dan tinggi karbohdirat.

Saat mencoba keto cycling, Anda bisa menikmati makanan khas keto seperti 70 hingga 80 persen lemak serta karbohidrat 20 hingga 30 gram dari sayuran hijau dan buah beri.

Namun, bukan sembarang karbohidrat yang bisa Anda konsumsi. Alih-alih melirik nasi atau kentang goreng, lebih baik pilih karbohidrat kompleks, seperti ubi jalar, quinoa, labu madu, roti gandum utuh, dan kacang hitam.

Anda juga tidak disarankan untuk makan keripik kentang, kue, kue kering, dan makanan ringan karena hanya menyajikan sedikit bahkan tidak ada gizi dan sering mengandung tambahan gula.

 

Source : BERITAGAR.id

Tags: #berat badan #diet keto

author
Author: 
    Leukemia, Kanker Darah yang Banyak Menyerang Anak-Anak
    Leukemia, Kanker Darah yang Banyak Menyerang Anak-Anak
    Leukemia atau kanker darah adalah penyakit yang
    Jangan Dianggap Remeh, Ini Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan
    Jangan Dianggap Remeh, Ini Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan
    Setiap orang tentu pernah merasa kesepian. Kesepian
    5 Gejala Utama Leukimia, atau Biasa Disebut Kanker Darah
    5 Gejala Utama Leukimia, atau Biasa Disebut Kanker Darah
    Menurut Leukimia dan Lymphoma Society, sebanyak enam
    Berapa Lama Waktu Tidur yang Tepat Bagi Orang Dewasa?
    Berapa Lama Waktu Tidur yang Tepat Bagi Orang Dewasa?
    Saat masih kanak-kanak, kita seringkali dianjurkan untuk

    Leave a reply "Modifikasi Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: