Tidak Diakui 2 Kakaknya Yang Kaya Karena Bekerja Kuli Pasir, Balasannya Sungguh Hebat

Tidak Diakui 2 Kakaknya Yang Kaya Karena Bekerja Kuli Pasir, Balasannya Sungguh HebatDiambil dari kisah nyata.

Tarno bekerja sebagai kuli pasir untuk menafkahi keluarganya dengan istri dan ketiga anaknya. Kisah pilunya dimulai ketika beberapa tahun lalu dia sering ke rumahku meminjam sepeda motor untuk kesana kemari. Ternyata dia tidak memiliki tempat tinggal, dan hanya hidup menumpang di rumah kakaknya Wandi yang memiliki usaha lancar dan bergelar Haji.

Tapi ternyata, meskipun kakaknya kaya raya dia tidak serta merta meminta belas kasihan melainkan malah bahkan untuk sekedar makanpun harus memasak sendiri. Untuk bepergianpun, dia tidak diijinkan untuk meminjam kendaraan milik kakaknya. Dan bahkan dia, istri dan ketiga anaknya yang dulu masih kecil sering tidur dirumahku meski hanya beralas karpet di ruang tamu.

Karena waktu itu Tarno tidak memiliki pekerjaan dan sering meminjam uang pada ayahku meskipun tidak seberapa. Tapi akhirnya dia mau bekerja sebagai kuli pasir dan pencari pasir di sungai, dan mulai membangun rumah di tanah warisan orang tuanya meskipun sedikit demi sedikit. Kebiasaanya meminjam motor ke rumahkupun hanya dia lakukan jika ada perlu agak jauh, dan untuk berangkat kerja dia memilik berjalan kaki meskipun jaraknya lumayan.

Beberapa tahun berlalu, di momen lebaran kemarin dia datang ke rumahku bersama istrinya. Dia mengendarai sepeda motor “matic” baru yang dibelikan oleh anaknya. Dia bercerita kalau anaknya yang pertama sudah lulus SMK dan bahkan sebelum kelulusan dia diterima bekerja di perusahaan besar di daerah industri jawa barat. Dan dari anaknya yang pertama itu dia juga bisa mulai merenovasi rumahnya meskipun sedikit demi sedikit. Anaknya yang kedua juga baru naik ke SMK kelas 12 dan mendapat peringkat terbaik nomer 2 di sekolah itu. Bahkan sudah ada perguruan tinggi yang menawarinya beasiswa, meskipun jaraknya jauh dari kota ini. Sedangkan anaknya yang terakhir masih duduk di bangku sd kelas 3 dan juga selalu mendapat ranking pertama di kelasnya.

Saat dia kerumahku, dia membawa sebuah bingkisan yang berisi banyak sekali bahan kebutuhan seperti gula, telur, roti kaleng, dan sebagainya. Anak dan keponakanku juga dia beri sejumlah uang meskipun tidak seberapa. Rupanya, dia ingin membalas kebaikan orang tuaku padanya karena dia menganggap jasa orangtuaku disaat dia susah lebih besar dari kedua kakaknya yang kaya raya.

Dia juga bercerita disaat bersilaturahim ke sanak saudaranya kebanyakan dari mereka tidak tahu siapa Tarno karena pakaiannya yang tidak sebagus saudaranya yang lain. Dan orang-orang yang dijumpainya bahkan banyak yang tidak percaya jika dia adalah adik dari Haji Wandi, dan Bu Rum yang notabene mereka berdua adalah orang berada.

Tapi, di momen lebaran kemarin Tarno menceritakan jika dia juga memberikan bingkisan berisi gula dan lain-lain pada kedua kakaknya sebagai wujud hormat pada saudara kandungnya yang lebih tua.

author
Author: 
    Perempuan Ini Buta tapi Lihat Hasil Lukisannya, Menakjubkan!
    Perempuan Ini Buta tapi Lihat Hasil Lukisannya, Menakjubkan!
    Margaret McNeil berusia 95 tahun asal Bothwell

    Leave a reply "Tidak Diakui 2 Kakaknya Yang Kaya Karena Bekerja Kuli Pasir, Balasannya Sungguh Hebat"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: