Subhanallah Di Sekolah Ini Sebelum Mulai Pelajaran Guru dan Murid Wajib Baca Alquran

Disetiap  akan memulai proses belajar mengajar, guru dan murid serta staf di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) 3 Cimahi mendahului dengan membaca Alquran secara berjamaah. Budaya membaca Alquran ini dilakukan guna  membentuk karakter siswa dan guru.

Kepala sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Cimahi, Nelly Krisdayana mengatakan, membaca Alquran sebelum proses belajar mengajar dimulai harus dilakukan meski hanya lima ayat saja. Diharapkan dengan proses itu karakter siswa bisa terbentuk dengan baik.

“Walau lima ayat maupun lebih pada saat masuk sekolah diharuskan mengaji di kelas,” ujarnya, Ahad (8/10). Untuk memastikan siswa membaca Quran, para guru yang mengajar pada pelajaran pertama mendampingi siswa.

Menurutnya, bagi guru yang terlihat tidak berada di ruangan kelas mengawasi para siswa. Maka, akan difoto dan dikirim pada group WhatsApp guru-guru SMAN 3 Cimahi. “Mereka didampingi guru masing-masing yang mengajar saat itu, kalau ada guru yang tidak terlihat dikelas akan di foto lalu dikirim di grup,” katanya.

Nelly menuturkan, tidak ada sanksi bagi guru yang tidak terlihat dikelas membimbing murid-murid dalam membaca Quran. Namun, akan difoto dan dikirim ke group sehingga guru yang tidak masuk diharapkan akan malu karena diketahui tidak masuk. “Jadi kita berharap SMA 3 tidak hanya meluluskan anak-anak yang cerdas, tapi juga berahlak mulia,” katanya.

Sedangkan bagi non muslim akan diarahkan untuk mempelajari kitab masing-masing. “Yang non muslim kita kumpulkan di perpustakaan, mereka juga mempelajari alkitab masing-masing,” ungkapnya.

Nelly mengatakan, dalam satu kelas disiapkan sepuluh hingga lima belas Alquran untuk memfasilitasi anak-anak yang tidak membawa quran sendiri. Selain itu juga pada saat istrahat siswa juga bisa membaca Alquran mengisi waktu istirahatnya.

Tidak hanya membaca Alquran, sekitar jam sepuluh usai pelajaran pertama, para siswa diberi toleransi untuk melaksanakan shalat Dhuha bagi yang mau. Meski tidak seluruhnya melaksanakan shalat Dhuha namun kebanyakan siswa melaksanakan shalat Dhuha secara bergantian.

Sumber: republika.co.id

Tags: #Nelly Krisdayana #SMA 3 Cimahi

author
Author: 
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Universitas Ini Telah Siapkan Dua Mobil untuk Balap Formula di Jepang
    Kabar terbaru datang dari Institut Teknologi Sepuluh
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Habis Makan, Keluarga Ini Lupa Bawa Pulang Anaknya
    Makan bersama keluarga di sebuah restoran tentunya
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    5 Negara yang Memiliki Jaringan Internet Tercepat di Asia
    Saat traveling ke suatu negara, jaringan internet

    Leave a reply "Subhanallah Di Sekolah Ini Sebelum Mulai Pelajaran Guru dan Murid Wajib Baca Alquran"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: