Mengkonsumsi Minuman Kaleng Secara Berlebihan Bisa Beresiko Sakit Stroke

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat hubungan antara kebiasaan minum minuman kaleng dengan risiko penyakit yang mungkin terjadi. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh The Famingham Heart Study meneliti tentang hubungan keterkaitan antara kebiasaan minuman kaleng dengan risiko terhadap penyakit stroke dan demensia.

Penelitian ini membuktikan bahwa dengan minum 1 kaleng minuman kalengan setiap harinya akan meningkatkan risiko penyakit stroke dan demensia hingga 3 kali lipat.

Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kohort melibatkan 2888 partisipan sebagai sampel penelitian stroke kohort dan 1484 partisipan sebagai sampel penelitian demensia kohort. Peneliti membagi sampel dalam 2 kelompok besar yaitu kelompok yang minum minuman kaleng setiap hari dengan kelompok yang sama sekali tidak pernah minum minuman kaleng, dan didapatkan hasil nilai Hazard Ratio ( kemungkinan terjadinya suatu kejadian ) untuk penyakit iskemik stroke sebesar 2,96 dan untuk penyakit Alzheimer sebesar 2,89.

Penelitian ini juga menemukan bahwa semakin banyak mengkonsumsi pemanis buatan akan membuat volume total otak menjadi semakin kecil serta menurunkan kemampuan daya ingat.  Bukan hanya itu, neurophysical tes juga menunjukkan penurunan performa pada individu yang sering mengkonsumsi pemanis buatan.

Selain itu, konsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya obesitas dan gangguan vaskular, dengan demikian meningkatkan juga risiko terhadap penyakit jantung dan diabetes mellitus.

 

Tags: #Minuman Kaleng #Stroke #The Famingham Heart Study

author
Author: 
    Inilah Bahayanya Buang Air Panas di Toilet
    Inilah Bahayanya Buang Air Panas di Toilet
    Tindakan membuang air panas ke toilet mungkin
    Inilah Mahar Yang Baik Menurut Islam
    Inilah Mahar Yang Baik Menurut Islam
    Pernikahan merupakan momen yang paling ditunggu oleh

    Leave a reply "Mengkonsumsi Minuman Kaleng Secara Berlebihan Bisa Beresiko Sakit Stroke"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: