Ingin Dapat Pahala Saat Tidur? Lakukan 5 Hal Ini

In Info, Inspirasi, Islami 70 views

Pengen dapat pahala ketika tidur ? Yuk, ikutin anjuran Nabi untuk ngelakuin hal-hal berikut.

1.Berwudhu

Wudhu yang biasanya dilakukan sebelum shalat, dilakukan pula sebelum tidur. Alasan melakukan ini yakni agar kita dalam keadaan suci saat tidur. Seandainya kita menemui ajal saat tidur, maka kita meninggal dalam keadaan suci. Selain itu, sunnah ini juga dapat melindungi kita dari gangguan syaithan dan mengantarkan kita pada mimpi yang baik. Dari Al Bara bin Azib, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah kamu sebagaimana wudhumu untuk shalat,” (HR.Al Bukhari dan Muslim). .

2.Membersihkan Tempat Tidur

Hal ini termasuk adab tidur yang menjadikan tidur kita lebih bernilai pahala di sisi Allah. Padahal, fungsi membersihkan tempat tidur semata-mata karena kebaikan hamba agar terhindar bahaya dibalik tempat tidur. Bisa saja disana terdapat binatang melata ataupun serangga berbahaya yang dapat menyengat kapan saja saat kita terlelap.

Rasulullah bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian beranjak menuju tempat tidurnya, maka hendaklah dia mengibas (membersihkan) tempat tidurnya karena dia tidak mengetahui apa yang akan terjadi kemudian.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

3.Menghadap ke Kanan

Sudah menjadi sunnah Rasulullah untuk tidur menghadap kanan atau tepatnya tidur di atas lambung kanan. Beliau pun memerintahkan kebiasaan tidur ini kepada umat beliau. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Lalu tidurlah di atas lambungmu yang kanan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

4.Menaruh Tangan di Pipi

Inilah yang menjadi kebiasaan Rasulullah sebagaimana dikabarkan shahabat Hudzaifah. Beliau menceritakan, “Apabila tidur di malam hari, Rasulullah meletakkan tagan beliau di atas pipi.” (HR. Al Bukhari).

5.Berdoa dan Berdzikir

Berdoa dan berdzikir jangan sampai luput dibaca sebelum tidur. Ada beberapa lafadz dzikir sebelum tidur. Berdoa sebagaimana yang telah terkenal dan dihafal sejak kecil, yang artinya, “Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu aku hidup dan dengan menyebut namamu aku mati (tidur),” (HR. Muslim dan Ahmad).

Wallahu A’lam Bishawab.

 

Semoga bermanfaat.

Sumber: muslimahdaily.com

Tags: #berdo'a #berdzikir #pahala #wudhu

author
Author: 
    Inilah Bahayanya Buang Air Panas di Toilet
    Inilah Bahayanya Buang Air Panas di Toilet
    Tindakan membuang air panas ke toilet mungkin
    Inilah Mahar Yang Baik Menurut Islam
    Inilah Mahar Yang Baik Menurut Islam
    Pernikahan merupakan momen yang paling ditunggu oleh

    Leave a reply "Ingin Dapat Pahala Saat Tidur? Lakukan 5 Hal Ini"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: