Awas! Walaupun Iseng, Applikasi Ini Bisa Bikin Amalanmu Sia Sia

In Info, Islami 40 views

Berikut rincian yang bagus mengenai hukum mendatangi tukang ramal dan membaca ramalan bintang.

Mendatangi dengan membenarkan tukang ramal dalam segala hal.

Dengan keyakinan bahwa tukang ramal itu mengetahuinya dengan sendirinya, bukan setan yang mengabarkan, seperti ini dihukumi kafir (keluar dari Islam). Karena mengetahui hal ghaib secara khusus hanya Allah yang tahu. Allah Ta’ala berfirman, ” Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri” (QS. Al An’am: 59). Al Munawi berkata, “Jika meyakini bahwa tukang ramal mengetahui perkara ghaib (dengan sendirinya), maka ia kafir. Jika keyakinannya bahwa jin yang menyampaikan berita padanya dari berita malaikat dan ilham yang diperoleh seperti itu, lantas dibenarkan, ini tidak sampai kafir.” .

Mendatangi tukang ramal dengan keyakinan bahwa tukang ramal tersebut mendapatkan ramalan dari setan, maka seperti ini ada dua hukuman:

  • Tidak diterima shalatnya selama empat puluh hari, sebagaimana disebutkan dalam hadits, “Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal, maka shalatnya selama 40 hari tidak diterima.” (HR. Muslim) , Maksud tidak diterima shalatnya selama 40 hari dijelaskan oleh Imam Nawawi: “Adapun maksud tidak diterima shalatnya adalah orang tersebut tidak mendapatkan pahala. Namun shalat yang ia lakukan tetap dianggap dapat menggugurkan kewajiban shalatnya dan ia tidak butuh untuk mengulangi shalatnya.” (Syarh Shahih Muslim, 14: 227)
  • Kufur terhadap apa yang telah diturunkan pada Muhammad, yang dimaksud adalah kufur ashgor. Disebutkan dalam hadits, “Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada Al Qur’an yang telah diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ahmad)

Mendatangi tukang ramal, namun tidak membenarkan, termasuk pula cuma sekedar membaca ramalan bintang, namun tidak membenarkan. Seperti ini dihukumi haram untuk tujuan saddudz dzaro-i’, yaitu agar tidak terjerumus pada keharaman yang lebih parah.

Mendatangi tukang ramal untuk bertanya dengan maksud mengujinya dan ingin mengetahui ramalan yang ia lakukan, orang yang mendatangi ini bisa mengungkap kedustaannya maka boleh.

 

Sumber: portal-muslimah.web.id

Tags: #amalan #sia sia #tukang ramal

author
Author: 
    Inilah Bahayanya Buang Air Panas di Toilet
    Inilah Bahayanya Buang Air Panas di Toilet
    Tindakan membuang air panas ke toilet mungkin
    Inilah Mahar Yang Baik Menurut Islam
    Inilah Mahar Yang Baik Menurut Islam
    Pernikahan merupakan momen yang paling ditunggu oleh

    Leave a reply "Awas! Walaupun Iseng, Applikasi Ini Bisa Bikin Amalanmu Sia Sia"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: