3 Penyebab Munculnya Uban di Usia 20-an

In Info, Kesehatan 163 views

Uban merupakan rambut berwarna putih yang tumbuh ketika usia seseorang sudah mulai senja, dalam hal ini bisa dikatakan sudah tidak muda lagi. Faktor ini dikarenakan pigmentasi atau melanin rambut yang tidak bisa maksimal karena usia yang sudah tua. Namun fenomena yang terjadi belakangan ini sudah banyak sekali orang berusia 20an yang sudah memiliki rambut putih atau uban.

Ya benar sekali, saat ini banyak sekali anak muda yang sudah memiliki uban atau rambut putih, mungkin anda salah satu diantaranya. Munculnya uban atau rambuh putih tentu sangat mengganggu penampilan, terlebih bagi wanita. Tentu hal tersebut akan menjadi masalah serius bagi orang yang mengalaminya, terutama kaum wanita.

Nah, berbicara tentang uban atau rambut putih yang tumbuh pada anak muda atau anak remaja, kali ini kita akan memberikan beberapa penjelasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa yang menjadi penyebabnya. Berikut Penyebab Muncul Uban Diusia 20an.

  1. Genetik 

Penyebab pertama munculnya uban pada anak muda atau anak remaja disebabkan karena genetik. Genetik menjadi penyebab yang paling sering terjadi pada mereka yang memiliki rambut beruban diusia muda. Munculnya rambut putih atau uban sudah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan oleh orang tuanya. Jika orang tua memiliki masalah rambut uban diusia muda, kemungkinan besar hal tersebut juga akan terjadi pada anaknya.

  1. Kurang nutrisi atau masalah kesehatan

Tidak hanya tubuh kita saja yang butuh nutrisi, rambut juga butuh nutrisi. Ketika nutrisi rambut tidak terpenuhi, maka akan terjadi kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, bercabang hingga muncul uban atau rambut putih. Hal ini juga bisa terjadi karena masalah kesehatan seperti gangguan tiroid, anemia, masalah kelenjar dan lain sebagainya.

Selain karena masalah kesehatan dan nutrisi yang buruk, kerusakan rambut seperti munculnya uban diusia muda juga disebabkan karena kebersihan rambut atau kulit kepala yang buruk. Rambut yang kotor akan menyebabkan ketombe, rambut rontok, hingga muncul uban. Untuk itu, penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan rambut.Kebersihan rambut dan kulit kepala

  1. Stress

Sadar atau tidak, stres juga menjadi penyebab utama munculnya uban. Stres akan menghambat produksi melanin yang bertugas untuk menjaga warna rambut agar tetap hitam. Selain itu stres juga dapat menyebabkan penuaan lainnya seperti kulit keriput, muncul garis halus dan yang lebih parah, stres dapat memperburuk kesehatan.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Muncul Uban Diusia 20an. Jika anda ingin rambut anda tetap sehat dan cantik, baiknya anda hindari penyebab rambut uban yang telah disebutkan diatas dan lakukanlah perawatan rambut secara rutin. Semoga informasi diatas bermanfaat.

 

Sumber: starberita.com

Tags: #penyebab #uban

author
Author: 
    Siswi Madrasah di Lombok Juara Karate Internasional
    Siswi Madrasah di Lombok Juara Karate Internasional
    “Belajar di waktu kecil laksana mengukir di
    Pulau Jawa Terpilih Sebagai Pulau Terbaik di Dunia!
    Pulau Jawa Terpilih Sebagai Pulau Terbaik di Dunia!
    Kabar terbaru datang dari Pulau Jawa. Dilansir
    Sentuh Tanaman Ini, Seorang Remaja Alami Luka Bakar Serius
    Sentuh Tanaman Ini, Seorang Remaja Alami Luka Bakar Serius
    Seorang remaja laki-laki asal Spotsylvania harus mengalami
    Hebat, Bahasa Indonesia Akan Digunakan Oleh Kantor Berita OKI
    Hebat, Bahasa Indonesia Akan Digunakan Oleh Kantor Berita OKI
    Kantor-kantor Berita atau Union of News Agencies

    Leave a reply "3 Penyebab Munculnya Uban di Usia 20-an"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: