5 Persiapan Yang harus Kita Lakukan Untuk Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Ramadhan sudah di depan mata. Salah besar jika kita menganggap persiapan menghadapi Ramadhan hanya seputar tiket mudik lebaran, bisnis kue, anggaran THR, dan remeh-temeh lainnya.
Justru ada 5 persiapan penting yang semestinya sudah kita lakukan sejak saat ini, agar Ramadhan nanti kita memanen pahala kebaikan, bukannya malah baru menanam benih kebaikannya:

1] Membayar lunas utang puasa Ramadhan sebelumnya

Sahabat dakwah, Apakah kita banyak meninggalkan utang puasa di bulan Ramadhan tahun lalu? Entah karena sakit, berhalangan, hamil, atau menempuh perjalanan panjang. Sudahkah kita lunasi utang puasa tersebut?  Jika belum kita lunasi, hendaknya segera melunasinya

2]  Meminta maaf pada orang-orang yang pernah kita zalimi

Jangan minta maaf menjelang lebaran, justru sebelum Ramadhan kita perlu meminta keridhoan orangtua, sahabat, teman dekat, bahkan semua orang yang mungkin pernah kita zalimi. Jangan lupa meminta ampunan Allah dengan bertaubat. Biarkan diri kita memasuki Ramadhan dengan hati bersih karena sudah suci dari kesalahan masa silam.

3] Memperbanyak puasa sunah di bulan Sya’ban

Sebulan sebelum Ramadhan, yakni memasuki bulan Sya’ban, perbanyaklah berpuasa sunah sebagaimana Rasulullah melakukannya dan menganjurkannya.

“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

4] Berdoa dengan sungguh-sungguh agar disampaikan pada bulan Ramadhan

Ma’la Bin Fadhal berkata: “Dulu Sahabat Rasulullah berdoa kepada Allah sejak enam bulan sebelum masuk Ramadhan agar Allah sampaikan umur mereka ke bulan yang penuh berkah itu. Kemudian selama enam bulan sejak Ramadhan berlalu, mereka berdoa agar Allah terima semua amal ibadah mereka di bulan itu. Di antara doa mereka ialah : Yaa Allah, sampaikan aku ke Ramadhan dalam keadaan selamat. Yaa Allah, selamatkan aku saat Ramadhan dan selamatkan amal ibadahku di dalamnya sehingga menjadi amal yang diterima.” (HR. at Thabrani: 2/1226).

5] Memperbanyak tilawah qur’an dan memahami maknanya

Bulan Ramadhan menjadi mulia dibanding bulan lainnya dikarenakan Al Qur’an diturunkan pada bulan tersebut, bahkan ada satu malam yang kadar kemuliaannya melebihi seribu bulan. Maka, agar mendapatkan keberkahan di kala memasuki Ramadhan, dari sekarang mulailah memperbanyak tilawah qur’an dan memahami maknanya agar tidak sekadar sampai di tenggorokan saja.

Demikian 5 persiapan yang perlu kita tingkatkan menjelang Ramadhan ini, semoga Allah memberkahi kita di bulan Rajab dan Sya’ban dan menyampaikan kita hingga Ramadhan tahun ini. Aamiin yaa Rabb.

Semoga tulisan ini sebagai pengingat kebaikan, jika rasa bermanfaat mohon dibagikan kepada yang lainnya

Tags: #ramadhan #THR

author
Author: 
    Nabi Melihat Orang Ini Menyeret Ususnya di Neraka
    Nabi Melihat Orang Ini Menyeret Ususnya di Neraka
    Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam
    Kisah Nyata! Ditelan Bumi karena Durhaka
    Kisah Nyata! Ditelan Bumi karena Durhaka
    Al-Imam Ibnu al-Jauzi menuturkan salah satu kisah
    [Kisah Anak Durhaka] Kepalanya Menjadi Kepala Keledai
    [Kisah Anak Durhaka] Kepalanya Menjadi Kepala Keledai
    Sudah menjadi kebiasaannya, laki-laki ini meminum khamr
    Mengenaskan! Mati Konyol karena Minuman Keras
    Mengenaskan! Mati Konyol karena Minuman Keras
    Tidaklah Allah Ta’ala melarang sesuatu, kecuali di

    Leave a reply "5 Persiapan Yang harus Kita Lakukan Untuk Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan"

    Must read×

    Top
    %d bloggers like this: